Selasa, 25 Januari 2011

mY Long JouRney : Cross Java-Sumatra , what an AmaZing JournEy !!

asalamualaikum ..

hai para blogger mania .
kenalin, aku umun . seorang pecinta seni dan alam . hehe...

disini aku ingin sedikit berbagi pengalamanku yang gak keren-keren amat sih, tapi bagiku pengalaman ini gak akan terlupakan selamanya. :D

bermula dari 7 tahun silam, saat aku masih anak ingusan ( gak juga sih ) yang masih tercatat sebagai siswi sebuah SMP negeri di kota Malang, Jatim. waktu itu, tepatnya 26 Desember tahun 2004, aku dapat kabar dari televisi bahwa bencana sedang melanda kampung halamanku yang jauh disana..
ya, bumi Aceh sedang berduka kala itu.

saat itu, media secara aktual selalu mengupdate informasi tiap jam, bahkan tiap break iklan. setiap hari di tivi aku ngeliat puluhan korban tsunami ditemukan.. hiks.. T.T

singkatnya, keluargaku yang berdomisili di Aceh alhamdulillah ngga kenapa-kenapa,, :D .
2 minggu setelah bencana, Ayah + Ibu + adek ku ngungsi ke Malang .. sumpah aku kaget banget!
gimana ngga kaget, dah bertahun-tahun ngga ketemu, ehhh.. tiba-tiba mereka ada di rumah .. hehehehhe ... akuuu seneeeeeeeeng pooolllll !!

sejak tamat SD aku memang ngga tinggal sama mereka lagi, mereka pulang ke Aceh. sedang kan aku sama kakak ku sekolah di malang. :D

ceritanya, mereka ngungsi ke malang ternyata nggak lama.. cuma seminggu doank! alias 7 hari .. :(
lalu mereka pun balek kalgi ke aceh, karena ayahku harus segera masuk kantor lagi ..

dalam hati aku pun memutuskan untuk nyusul pulang ke aceh, asli ! aku penasaran bangeeet sama tempat kelahiranku saat itu .. ortu ku bilang sebaiknya aku tetep sekolah di malang aja, katanya di aceh banyak sekolah tutup.. tapi aku ngga peduli. aku tetap mau pulang !


beberapa minggu berlalu, ujian semester pun kelar, aku pun ngurus surat pindahan sendiri.. cuma akum minta tolong sama Om no untuk jadi wali nya.. setelah itu aku pun nyari tiket untuk pulang ke Acehhhh... hehehehhehe ~~~~~~~~`` :D

saat itu, entah apa kendalanya, pokoknya aku ngga bisa pulang naek pesawaat ~~
akhirnya.. akhirnya,... akhiirnya..

aku pun pulang naek BUS SENDIRIAN ! bayangin aja, dari malang sampe medan anek bus, berhari-hari aku di jalaaaaaaaaan .. mana akuu masiiiiih kecil lagi.. baru 12 tahuun ! udah badan juga kerempeng saat itu.. hihiihiihihihiii

tapi gak apa-apalah.. niat ku juga udah bulat. aku ngga peduli mau naek apa, capeknya kayak apa, yang jelas aku ingin ke Aceh. aku penasaran sama aceh.


~~~~~~~~~
PERJALANAN PUN DIMUALAI ..
ngeeeeeeeeeeeeeeengg ngeeeeng...

rute perjalan bus nya kalau nggak salah waktu itu lewat Malang bagian selataan, lalu terus melaju menuju barat.. di dalam bus, aku duduk nya bareng seorang kakak mahasiswi UNIBRAW, kakak itu mau pulkam ke lubuk linggau palembang. aku masih inget, kak icha namanya. baiiikk bangeeet kakak itu, :D

oke, satu per satu kota pun terlewati.. mulai dari malang, kediri, madiun, magetan, dan kota-kota lain nya di sepanjang jalur. sekitar 8 jam perjalanan akhirnya BUS nya nyampe juga di provinsi jawa tengah .. lewat salatiga, solo, n banyak lagi kota-kota nya.. setiap kota pemandangan yang disajikan beda-beda.. pemandangan malam nya, pemandangan siang nya, sangaat menyenangkan.. heheh .. orang-orang nya pun beda-beda,, di jawa tengah orang-orang lembut-lembut .. heheh

perjalanan pun terus melaju, masuk ke provinsi jawa barat. melintasi kota garut yang beken sama dodolnya ( kau pun ada beli waktu itu ) heheh, tasikmalaya, dan kota-kota lainnya sampai akhirnya aku sama Bus nya nyampe juga di pelabuhan Merak BAnten ~~


waaaaaaahhhhh .... akuuu ngeliaaat lauut disiniii, ini adalah kali kedua aku ngeliat laut.. selama 10 tahun tinggal dimalang aku cua sekali ke pantai.. tu pun sangaaaat jauuh perjalanannya.. pantai balekambang, salah satu pantai di selatan pulau jawa.. ( sekarang aku di aceh tiap hari liat laut, wkkwkwkwkwkkw..)

setelah melalukan pembelian karcis kapal, BUS nya pun masuk ke perut kapal. gelap. jadi takuut aku waktu itu.
lalu, kak icha pun ngajakin aku naik ke atas kapal.. aku pun ikut ajaa..
sampai di atas....


woooooooooooooooooooooooowwwww...
KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNN NYAAA SELAAAAAAAATTT SUNDAAAAAAAAAAAA,,..
banyak terlihat pulau-pulau kecil disitu, trus yang ngga kalah indah nya, aku ngeliat gunung krakatau yang legendaris dengan mata kepala ku sendiri.. hhehehe akuuu takjub disituu.. asli, keren !

oia, aku lupaa.. pas di pelabuhan tadi aku juga sempat liat anak-anak yang gokiiil abis.. masa tu anak-anak nyemplung ke laut untuk nyari kepingan duit logam yang sengaja di lempar sama penumpang. wah, ngga takut tenggelam apa ya??? tapii merekaaa kereeeeennn.. berenaang kayakk ikan.. cuma 2 menit, langsung dapat koin nya... ckckckckkckc...


akhirnya, kapal sampai juga di pelabuhan bakahuni lampung.
ini adalah pintu masuk untuk menjejakkan kaki di pulai sumatra...

ye ye ye .. nyampeee sumatraaaa jugaaaa... ye ye ye !! horeee.. horeee..
pas pertama kali ke sumatra.. yang terlihat kelapa sawit, kelapa sawit dan kelapa sawit.. perkebunan semuaa.. abis tu alam nya jugaaa masiiih ijooo! kebanting abis saama jawa yang sejauh mata memandang cuma bangunan semua..

di sumatra, jarak antara satu kota dengan kota lainnya cukup jauh.. udah gituu penduduk nya jaraang pula... :O

oia, aku punya kisah konyol di sini, pas bus nya berenti untuk makan siang di salah satu tempat makan minang. aku sebelumnya sama sekali ngga tau gimana cara orang-orang sumatra serving makanan nya..

pas aku udah nempati meja, pelayan nya langsung datang bawain mkanan dalam piring-piring kecil.. ngga cuma satu, tapi banyaaaaakkk... hah? apa ini, perasaan aku belum pun mesan apapun deh.. tapi aku ngga mikir panjang lagi, aku ngga habisin semua makanan nya kok,, tapii semuanya aku cuil-cuill.. pas aku bayaaaarr, masyaallaaaaahh .. mahal nyoo, kageet akuu! ini kenapa kok makanan mahal bangeeet? 20x lipat dari harga makanan-makanan di jawa.. trus aku tanya sama pelayannya.. katanya, wlopun di cuil-cuil dikit, sama aja udah mesan satu piring lauk..

owalaaaaaaaaaaahhh..

ketawa ngakak akuu .. untuung aja uang saku nya masiiih banyak, wkkwkkwk...

perjalan pun masih terus berlanjut.. menuju palembang, lalu terus ke utara menuju provinsi sumatra barat.. setelah beberapa hari, baru nyampe di medan .. medan lumayaan mirip sama malang.. yang beda cuma hawa nya, di malang dingin.. :P


samapai di terminal, ayah n ibu dah nungguin disitu.. laluu kami pun pulangg ke Aceh bersama.. dan tinggal di Aceh ... dan sekolah di Aceh .. dan kuliah di Aceh sampe sekarang ... hihihhihh....

:D :D kapan-kapan mau lagi ah tour the java and sumatra islands alone ! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar